News Update :
Home » » Jaket Anti Ngantuk Buatan Unibraw

Jaket Anti Ngantuk Buatan Unibraw

Penulis : Kwanyar News on Monday, May 2, 2016 | 9:23 AM


 

Jaket Anti Ngantuk Buatan Unibraw Menang di Malaysia


Tim dari Universitas Brawijaya (Unibraw) Malang berhasil meraih penghargaan dalam gelaran The 3rd international innovation Design and Articulation (i-IDEA) 2016 yang dihelat di Malaysia. Karya mahasiswa yang mendapatkan medali emas ini adalah jaket anti ngantuk. Inovasi unik tersebut diberi nama SIJAR (Smart Android Jacket fo Safety Ring and Relaxation). Alat ini sangat bermanfaat bagi pengendara motor agar tidak mengantuk selama berkendara.

SIJAR adalah pengembangan dari temuan sebelumnya yang bernama jaket SEJSAR (Smart Electric Jacket for Safety and Relaxation). Cara kerja SIJAR yaitu dengan memanfaatkan sensor untuk mengukur denyut jantung pengemudi. Jika denyut berada di bawah level tertentu per menit, alarm yang ada di jaket segera berbunyi dan menyadarkan pengemudi  dari kantung.

Pada waktu yang bersamaan saat alarm berbunyi, terjadi terapi listrik pada kulit pemakainya. Terapi listrik ini terjadi karena adanya sentuhan alat pada kulit. Alarm dan terapi listrik segera berhenti ketika denut jantung kembali normal. Kegunaan terapi listrik adalah menyetimulasi tubuh untuk mendapatkan relaksasi karena sirkulasi darah di tubuh lancar kembali. Oksigen pun juga lancar kembali suplainya sehingga membuat tubuh lebih segar.


Fitur lain yang disematkan pada SIJAR yaitu memakai panas tubuh sebagai sumber listrik untuk beroperasi. Perbedaan suhu tubuh dan lingkungan dimanfaatkan dalam memunculkan energi listrik melalui jalan termoelektrik.

“Namun untuk kompetisi ini, jaket SIJAR ditambahkan dua konsep baru yang menonjol, yakni penambahan oximeter untuk mengukur saturasi oksigen dan penambahan aplikasi android,” kata ketua tim SIJAR,  Muhammad Nur Azis, seperti dikutip dari laman Merdeka.

Keberhasilan SIJAR ini didapat setelah mengalahkan pesaing dari tiga negara  yaitu Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Jumlah peserta yang bertanding mencapai 105 tim. Pelaksanaan acara di Universiti Teknologi MARA (UiTM, Perlis, Malaysia, pada 27-29 April 2016.
Share this article :
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Copyright © 2011. Info Pendidikan . All Rights Reserved.
Design Template by kwanyar-news | Support by creating website | Powered by Blogger