News Update :
Home » » Pendaftaran CPNS 2014

Pendaftaran CPNS 2014

Penulis : Unknown on Sunday, July 20, 2014 | 1:06 AM

 

Jadwal Pendaftaran CPNS 2014


Test CPNS 2014 ini akan menggunakan system computer assisted test (CAT), dalam tes kompetensi dasar (TKD) dimana hal ini seperti yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mengenai tata cara seleksi CPNS 2014.

Sebagai Bocoran saja, Materi Soal TKD terdiri dari 3 kelompok soal, dimana soal CPNS 2014 ini disusun oleh konsorsium 17 perguruan tinggi negeri (PTN), yang harus dijawab calon pelamar dengan benar, dan seperi apa jenis soal dari TKD tahun ini simak berikut ini

Kisi-Kisi Soal Test CPNS 2014 :


Kelompok soal pertama adalah menguji wawasan kebangsaan para pelamar, mengenai 4 pilar kebangsaan, yang meliputi Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI.

“Kalau sudah lupa, harus belajar lagi. Kalau tidak hafal, jangan harap bisa lulus. Karena ini hal paling dasar,” ujar Kepala Bagian Komunikasi Publik Kementerian PANRB Suwardi kepada seperti dilansir dari DetikFinance, Jumat (18/7/2014).


Sedangkan kelompok soal kedua adalah karakteristk pribadi, yang berisi soal-soal psikologis yang akan menggambarkan karakteristik masing-masing pelamar. Ini meliputi integritas diri, semangat berprestasi, kreativitas dan inovasi, orientasi pada pelayanan, dan lainnya.

Adapun kelompok soal ketiga adalah soal-soal yang akan menguji kecerdasan atau intelegensia umum, yang meliputi kemampuan verbal atau berbahasa, kemampuan numerik, kemampuan berpikir logis, dan kemampuan berpikir analitis.

Dari ketiga tes tersebut, lanjut Suwardi, hasil seleksi CPNS 2014 ini diterapkan ambang batas (passing grade) kelulusan. Bukan sekadar akumulasi atau jumlah keseluruhan nilai yang menentukan kelulusan, tetapi hasil tes dimaksud juga harus memenuhi ambang batas setiap kelompok soal, yakni karakteristik pribadi, wawasan kebangsaan, dan intelegensia umum.

“Meski nilai totalnya tinggi, kalau nilai salah satu kelompok soal tidak mencapai angka yang ditetapkan, tetap saja tidak lulus,” pungkas dia.

Sebagai Informasi bahwa Pendaftaran CPNS 2014 ini akan dibuka tanggal 29 Agustus 2014 dan pendaftaran online akan dilakukan dalam satu website.


Share this article :
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Copyright © 2011. Info Pendidikan . All Rights Reserved.
Design Template by kwanyar-news | Support by creating website | Powered by Blogger